PILIH KATAGORI DIPILIHAN SEBELAH KANAN

"BIMBEL" Laris Manis......

Negara dan bangsa kita ini sadah sangat moderen, kemungkinan begitu opini saya, kenapa tidak, setiap kali ada produk baru yang dipasarkan selalu laris manis bak kacang goreng, meskipun harganya selangit tidak menyiutkan keingianan yang kuat untuk mendapatkan apa yang diinginkan bagi orang-orang indonesia yang notaben ekonominya ini konon kurang mampu, gengsi sekali kalau sampai mereka tidak memiliki apa yang telah dimiliki tetanga, teman atau style yang lagi in. coba aja kita amati ketika muncul hanphone bergabai merek menjadi serbuan para konsumen meskipun pekerjaan tidak mendukung tapi meraka merasa hanphone sangatlah wajib dimiliki, hingga jarang sekali kita lihat orang indonesia yang tidak punya HP keculai memang tempatnya dipelosok dan tadak ada pemancar disana. selain HP ada juga motor, mobil, laptop, kamera dan lain sebagainya.


Namun yang mengusik perhatian saya kali ini adalah banyaknya BIMBEL (Bimbingan Belajar) yang bermunculan bak jamur dimusim hujan, entah itu yang formal atau sekedar Bimbel Rumahan aja. namun keberadaan Bimbel menjadi rujuakan baru para siswa atau orang tua yang ingin memberikan tambahan belajar kepada anak-anaknya. Menarik menurut perhatian saya ternyata banyak siswa atau orang tua yang menaggap wajib mengikutsertakan anaknya. Hal ini menggelitik pikiran saya untuk menerka-nerka, apakah Bimbel ini hanya sebatas trend karena barangkali orang tua merasa malu bila tidak mengikut sertakan anak-anaknya Bimbel karena anak tetangga atau anak temannya di ikutkan padahal secara ekonomi mereka mampu, atau laib hal. terkaan lain dari pikiran jorok saya berpendapat "ya pantas saja orang tua memberikan tambahan anaknya belaja ke BIMBEL karena hasil yang diperoleh di bimbel lebih menjanjikan dibandiknkan disekolah". Kenapa begitu entahlah saya sendiri kenapa kok bisa befikir begitu ya.....
mungkin selama ini saya terlalu prihatin saja dengan sekolah sekolah wajib yang ada di negeri kita ini. kalau memang sekolah tersebut maju dan berkualitasnya....apa ya benar siswanya tidak dibantu BIMBEL alias murni memperoleh pendidikan hanya di sekolah saja. Saya melihatnya ternyata sekolah yang maju itu, yang katanya sudah RSBI atau SSN atau apalah statusnya ternyata siswanya juga merasa perlu menamba pendidikannya dengan ikut BIMBEL. semoga saja pemikiran jorok saya ini memang salah. karena harapan saya sekolah resmi yang ada di negeri ini memang benar-benar berkualitas sehingga siswa tidak perlu ikut bimbel saja sudah pinter-pinter....wah tapi kalau begitu kan kasihan pendiri dan pendidik yang ada di Bimbel ya...tar kalau kualitas disekolah bagus sehingga siswa tidak perlu lagi ikut bimbel maka bisa dipastikan mereka akan ngangur alias tidak bekerja padahal di negara kita ini kan sulit mencari pekerjaan karena pemerintah masih sebuk memberantas korupsi yang dibuatnya sendiri....ya kalau begitu... saya hanya bisa menarik nafas panjang sambil berucap beginalah Indonesia.......ahhhhhh

84 komentar:

REZA AGUSTIAN KELAS:9B NO:24 mengatakan...

Ya seharusnya kita harus bersukur sudah masuk BIMBEL dan kita harus berterimakasih kepada orang tua yang sudah membanting tulang untuk kita hanya untuk anaknya masuk sekolah.

Kita juga harus terima bila kita masuk sekolah SSN dan tidak mengeluh jika masuk swasta 1 lagi kita harus menerimanya.

Bila ingin pintar juga kita harus LES dI BIMBEL di tempat lez seprti tempat les G.O yang dapat mengajari kita belajar.

Ada juga PRIMAGAMA bisa dI sebut juga BIMBEL yang mengajari kita mengerjakn PR dan fasilitasnya juga memuaskan dengan adanya soal-soal ujian akhir yang akan keluar.

Sebebnarnya enak juga kalau d sekolah ada BIMBEL tambahan menambahkan kita kepintaran dan giat belajar dengan sungguh-sungguh agr dapat melaksanakan UJIAN AKHIR SEKOLAH.

Dengan hasil danem yang memuaskan dan bisa masuk SMA favorit dengan nilai tinggi moga-moga saja masuk SMA 1 atau SMA 2.

Terima kasih...

Merry Sysilia Herdani IX B / 19 mengatakan...

menurut pendapat saya ,dengan adanya bimbel semacam ini ,kita bisa lbih efektif mengatur jam belajar ,dan lebih bisa konsentrasi dalam mengikuti pelajarn tersebut .

apalagi di kalangan pelajar kayakk kita-kita ini yang uda kelas 3 smp ,pasti penting banget
perananan bimbel yang semacam ini .

yya ..
meskipun masih ada yang enggan mengikuti bimbel semacam ini .

bimbel itu juga mudah dalam pembelajarannya ,cara dan cara penyamoaiannya itu mudah ,bisa di serap oleh otak kita .

memang sihh ..
berbeda dengan cara belajar kita kalau di sekolah ,rumah ,atau tempat selain bimbel ,
masih menghafal ,dan sebagainya ...

tapi kalau di bimbel kayak gini kan lebih mudah ,
caranya lebih efektif dan gak ngebosenin ..
pasti bisa cepat nyerap pelajarannya ..

Yunita Eka Pratiwi Kelas:IX B No.Absen:31 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Fajwatul Khoiriyah 9B (07) mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BAKHTIAR ADHIM H KELAS 9B NO:05 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Novia Safitri/9Che/26 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Rohman Rizki Wahyu Oetomo Kelas 9C nomer absen 29 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Gana Dhefanto IX C / 17 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Alfintina D.A / 9 C / 06 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
karaina/9c/18 mengatakan...

pendapat saya pribadi sebenarnya bimbel merupaka kebutuhan yg bisa dikatakan wajib/pokok tapi juga bisa dikatakan kebutuhan nggak wjib alias tambahan.
Bisa dikatakan wajib/pokok karna mungkin siswa itu belajarnya kurang maksimal bisa dikatakan amburadul nah bimbel ini bisa menjadi solusi yg terbaik untuk mengatasi masalah tersbt.
sebab dibimbel terdpt tentor yg insyaallah dpt membantu siswa. kalau saya pribadi sich sudah mengikuti bimbel prifat mtk & alhamdulillah bimbel bisa membantu saya mengatasi matpel yg dianggap sulit khususnya mtk.
Bimbel jg dikatakn gk wajib/tambahn dlm arti siswa sudah bisa mengatasi prmasalahan sendiri matpel yg dianggap sulit tanpa bantuan tentor.
sekarang bimbel sangat banyak kita jumpai dimana2. Disana disini bimbel tapi pesan saya kita jangan terjebak dg banyaknya bimbel yg curang dg brbisnis pendidikan berupa bimbel khususnya kls 9.Jangan tergiur dg jaminan lulus 100% yg bisa menjamin lulus stidaknya adalah diri kita sendiri.
Nah temen2 itu semua tergantung kalian,mau ikut bimbel atau nggak kalau kalian nggak serius belajar kan percuma sia2 kasian ortu kita yg susah payah membanting tulang hanya untuk kita tapi kitanya males belajar buat ortu kita bangga ok.so mangkanya mulai detik ini kita belajar lg yuk.

Edwin Ermawan kelas 9che/13 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
yuni anggraeni / IX C / 33 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Muhammad Regi Putra Utama/IX C/24 mengatakan...

Kalo menurut pendapat saya,banyaknya BIMBEL
saat ini memang membantu bagi siswa yang sulit
belajar.

Karena cara mengajar guru di BIMBEL dan di
Sekolah berbeda,Mungkin di BIMBEL mereka belajar
dengan santai karena tidak tertekan oleh pengajar
sedangkan di sekolah mereka mungkin ditekan oleh guru
untuk belajar dengan serius.

Dan fasilitas di BIMBEL sekarang bisa dibilang lebih
komplit dibandingkan sekolah,mungkin karena biaya di
BIMBEL lebih mahal.

Namun ada beberapa masalah yaitu,saat ini banyak
siswa-siswi yang mengikuti BIMBEL hanya ikut-ikut
teman mereka dan biaya yang di keluarkan juga bukan
sedikit,biasanya mencapai jutaan

Akhirnya uang yang di keluarkan bisa di bilang
terbuang percuma,karena anak itu mengikuti BIMBEL
hanya ikut-ikutan temannya sedangkan uang yang
dikeluarkan sangat banyak.

Tetapi berbeda dengan anak yang kurang mampu,
mereka akan berfikir dua kali untuk mendaftar di
BIMBEL.

Jadi kesimpulannya Bimbingan Belajar memiliki
kelebihan dan kekurangan.SEKIAN

"TERIMA KASIH"

moh.Rasin fadilah kelas 9b no.absen :21 mengatakan... mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
moh.Rasin fadilah kelas 9b no.absen :21 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Furida Wandarini / 9C / 16 mengatakan...

Menurut saya, pendidikan yang kita dapat di sekolah adalah hal yang utama. Keberadaan bimbingan belajar, adalah untuk membantu siswa untuk menyelesaikan kesulitan yang tidak bisa diselesaikan di sekolah, dikarenakan waktu yang tidak cukup atau mungkin karena mereka membutuhkan waktu tambahan untuk belajar dengan bimbingan selain dari guru di sekolah.

Saat ini memang banyak bimbingan belajar yang berdiri di mana-mana. Tapi kualitas dan mutu dari bimbingan belajar itulah yang akan membuat bimbingan belajar itu akan terus dibutuhkan oleh masyarakat sekitarnya atau tidak. Bila suatu bimbingan belajar tidak bisa memberikan pendidikan sesuai yang dibutuhkan oleh murid, maka BIMBEL itu pasti akan segera ditinggalkan oleh murid-muridnya.

Bagi saya, sebagai seorang murid, yang saya butuhkan adalah saya bisa mengerti setiap pelajaran yang diajarkan di sekolah, dan untuk itu saya menginginkan guru yang bisa menerangkan pelajaran yang membuat saya sebagai murid dapat dengan mudah mengerti inti dari pelajaran itu. Mungkin bila saya tidak kesulitan untuk menerima pelajaran di sekolah, maka saya tidak membutuhkan BIMBEL untuk membantu saya.

Selain itu, faktor lain adalah memang adanya dorongan dari orang tua untuk masuk ke suatu bimbingan belajar. Hal ini disebabkan karena keinginan dari orang tua agar anak-anak mereka mendapat nilai yang baik atau untuk masuk ke sekolah yang diinginkan.

Sebenarnya orang tua sudah percaya dengan pendidikan di sekolah, tetapi dengan mengikutsertakan anak-anak mereka di bimbel, maka mereka akan mendapat tambahan soal dan mereka bisa memanfaatkan waktu luang di luar jam sekolah dengan belajar.

Itulah pendapat saya menegenai pendidikan di sekolah dan perlunya untuk mendapat pendidikan di BIMBEL. Terima kasih.

zihan zahirah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Edwin Ermawan kelas 9che/13 mengatakan...

Menurut saya bimbel memanglah sangatlah mendukung
karena selain kita belajar disekolah kita bisa menambah pengetahuan di bimbel.

Tetapi kebenyakan siswa mengikuti bimbel bukan dari keinginan diri sendiri melaikan karena ikut"an temannya. Dan ada pula yg ikut karena paksaan dari orang tua. biasanya mengikuti bimbel harus memiliki kemauan terlebih dahulu dan berfikir "apa sih manfaat dari mengikuti bimbel??"

Biasanya bimbel itu kurang efektif kalau yg mengikuti bimbel di satu ruangan terlalu banyak murid maka peserta bimbel akan banyak kehilangan konsentrasi dalam belajar. alangkah baiknya mengikuti bimbel dirumah sendiri dengan mendatangkan guru privat karena biayanya tidak terlalu mahal seperti bimbel diluar rumah.
Mendatangkan guru lebih baik karena guru hanya focus pada satu murid saja.
Mungkin keunggulan bi bel dari pada sekolah karena di bimbel sering mengadakan try out dan soal” try out itu dikumpulkan dan dipelajari dirumah

Dan mungkin cara belajar di bimbel lebih santai dari pada di sekolah itu yg menyebabkan siswa memilih bibel

Rohman Rizki Wahyu Oetomo/9C/29 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Rohman Rizki Wahyu Oetomo/9C/29 mengatakan...

Pendapat saya bimbel cukup efektif. Karena kita bisa mudah mendapatkan ilmu tambahan, selain dari sekolah.

Karena bimbel guru cara mengajarnya cukup sederhana. Dan tidak terlalu serius dalam belajar mengajar. Apa lagi di tambah fasilitas lain yaitu seperti Ac, internet, Snack,dan lain-lain.

Itu pun dilihat dari membayarnya. Kalau bimbel ada yang mahal dan ada yang agak sedikit murah. Tapi masalah kini dihadapi orang tua adalah membayar buat mengikuti bimbel. Karena masih ada orang tua yang kurang mampu untuk membayar bimbel buat anaknya.


Sehingga orang tua banyak bilang tidak usah di bimbel tidak apa-apa yang penting giat belajar. Tetapi kalangan yang mampu banyak mengikuti bimbel karena ada yang ikut2an temanya dan ada juga yang karena dirinya sendiri.

Bimbel itu juga ada manfaatnya, karena kita mendapat teman baru dan pengalaman baru. Tetapi kasihan yang orang tidak mampu cuma didalam mimpi saja untuk mengikuti bimbel. Oleh karena itu bimbel bayarnya jangan terlalu mahal.

Agar kita semua mendapat nikmatnya bersama-sama. Bedanya sekolah dengan bimbel itu pada cara guru mengajar. Kalau guru bimbel lebih santai dalam mengajar dan dengan mudah dapat di terima. Dan kalau guru itu terlalu serius karena guru di sekolah juga mengejar kurikulum yang pada saat ini.

Jadi mengikuti bimbel itu ada untungnya juga ada ruginya.Kesimpulannya jika ingin mengikuti bimbel ia kita harus sungguh2 untuk mendapatkan ilmu tambahan dari bimbel tersebut. Agar uang orang tua kita tidak hilang sia-sia karena kita tidak serius mengikuti bimbel tersebut.

Sekian saya ucapkan "TERIMA KASIH"

maulidia/21/IXD mengatakan...

sekarang banyak anak yang ikut bimbel karna untuk menunjang prestasi siswa disekolah dan ketika UNAS mereka bisa mendapatkan hasil maximal yang diinginkan.

adanya unsur ikut-ikutan dikarenakn siswa yang ikut bimbel dianggap lebih tau jadi banyak siswa ikut bimbel karena mereka ingin dianggap lebih tau.

larisnya bimbel dikarenakan bimbel tersebut menawarkan harga yang terjangkau juga fitur yang menggiurkan bagi siswa.

Fitur yang menggiurkan tersebut adlah internet pada suatu bimbel.Dan banyak siswa yang ikut pada bimbel tersebut bukan dengan alasan belajar tapi internetan.

menurut saya,siswa harus lebih cerdas untuk memilih bimbel mana yang mengedepankan pembelajaran bukan mengedepankan fitur-fitur yang tidak penting.

Novia Safitri/9Che/26 mengatakan...

Menurut saya, Bimbel tu mang perlu. Karena terkadang kita merasa jenuh saat menerima pelajaran di sekolah. Kadang juga kita tak bisa berkonsentrasi dengan baik.
Jadi, ikut Bimbel bisa sekalian cari suasana baru. Suasana yang menyenangkan dapat membuat kita lebih maksimal belajarnya. Orang tua pun akan senang melihat kita jadi lebih rajin belajarnya.
Namun, Bimbel harganya relatif tinggi. Jadi, tidak semua orang bisa mengikutinya. Jadi, bagi yang sudah ikut Bimbel, gunakan waktu kalian dengan sebaik-baiknya.
Jika, tak mampu mengikuti Bimbel tak usah memaksa. Belajar di rumah kan sama saja. Asal ada kemauan dan usaha. Hasilnya pasti sama dengan ikut Bimbel.
Dan satu lagi, Bimbel bukan untuk gaya-gayaan. Juga bukan untuk sekedar datang, nulis terus pulang. Tapi Bimbel itu untuk belajar. Agar kita bisa mendapat nilai yang memuaskan.
Namun, belajar tetap harus di sertai dengan doa. Belajar itu sukses bukan karena pintar ataupun pandai. Tapi semua itu karena kemauan dan usaha kita. Jadi, Ayo Berusaha.....!!!!
Terima Kasih.....

debby/9c/10 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
fitria adilah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
DIAH AYU SUKMA ARUMI/9C/11 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
moh.Rasin fadilah kelas 9b no.absen :21 mengatakan... mengatakan...

meurut saya program bimbel ini sangat membantu bagi siswa yang sulit untuk belajar, karena di bimbel itu di beri pengarahan gimana caranya belajar yang lebih tepat.

tetapi masalahnya banyak siswa ikut bimbel tidak menghirauhkan gurunya yang sedang mengajar, karena siswa kebanyakan bergurau dengan temannya, jadi sia" ikut bimbel kalau gak fokus terhadap bimbel.

dalam metode pembelajaran bimbel emang berbeda dengan metode pembelajaran yang ada di sekolah,

metode pembelajaran bimbel hanyalah untuk menambah pendidikan atau pelengkap pendidikan yang tidak ada di sekolah..,

lalu kasihan bagi siswa yang orang tuanya kurang mampu, jangan lah gengsi dan seharusnya belajar dengan giat lagi agar pendidikannya setara atau melebihi siswa yang mengikuti bimbel.

semoga saja siswa yg ikut atau pun tidak ikut bimbel bisa tetap masuk ke SMA yang di inginkan atau SMA favorit.

terima kasih.

muhammad hasan as'adi/9c/22 mengatakan...

sekarang bayak siswa yang ikut bimbingan belajar. karena mereka ingin belajar selain dirumah dan disekolah saja.jika mereka belajar dirumah saja mereka bisa bosan karena tidak memiliki teman untuk ngobrol dan tidak ada yang membimbing mereka.
mereka ikut bimbingan belajar karena ingin mendapat nilai yang baik. dengan cara tidak fokus pada pelajaran tetapi juga senang-senang.
dan mereka ikut bimbingan belajar supaya mendapat nilai yang baik di unas. dan bisa masuk ke sekolah faforit mereka pun mencari tempat lesyang mempunyaifasilitas-fasilitas yang baik.
rata-rata mereka mencari bimbingan belajar yang menjamin mereka lulus.dan mempunyai pembimbing yang profesional. sehingga mereka bisa lulus daengan nilai yang baik.
tetapi itu bisa tidak berarti jika mereka tidak belajar dengan serius. karena mereka beranggapan akan lulus dengan mudah. lebih baik belajar dirumah tetapi serius.

kartika fauzia isnaini/IXche/19 mengatakan...

Menurut saya dengan adanya BIMBEL ini kita bisa lebih efektif dalam membagi waktu belajar,juga kita bisa fokus dalam pelajaran di sekolah.

Apalagi keuntungan dari BIMBEL ini bisa mengajari kita bila ada kesulitan dalam mengerjakan soal atau kurang memahami mata pelajaran yang di berikan d sekolah.

Cara belajarnya pun berbeda dengan di sekolah.,karena kalau BIMBEL lebih mudah untuk memahaminya,juga lebih jelas dalam menerangkan materi-materinya.

kalau di sekolah hampir sama dengan BIMBEL, tapi cara menyampaikan kurang jelas,terkadang ada guru yang tidak menerangkan materi yang seharusnya di smapaikan.

malah langsung di suruh mengerjakan tugas di LKS,jadi siswa tidak bigetu mngerti/kurang jelas
akhirnya ada siswa yang les di GO atau les PRIVAT,karena BIMBEL/PRIVAT sangat menguntungkan bagi mereka.

sebaiknya di sekolah juga ada BIMBEL,itu pun bisa membantu siswa-siswanya dalam mengahadapi UNAS/UAS nanti
sekian saya ucapkan
terima kasih.

Ferdy Irwandika Putra No.absen:9 Klz:9 B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Gana Dhefanto IX C / No: 17 mengatakan...

Menurut saya bimbel sangat menyenangkan dan efektif, karena bimbel fasilitasnya sangat lengkap dibandingkan dengan di sekolah kita dan di BIMBEL pun cara mengajarnya lebih cukup sederhana dan tidak seserius di kelas2 kita.
Karena itu BIMBEL sangat di senangi oleh orang2 karena fasilitasnya melebihi yang ada d sekolah kita.

BIMBEL sangat cocok buat para siswa yang malas belajar, karena dengan adanya BIMBEL mereka bisa menggunakan waktu luang buat belajar. Maka dari itu Ortu kita mendaftarkan kita di BIMBEL supaya kita lebih giat belajar dan ada kemajuan.

Kita tidak perlu gengsi dengan teman2 yang ikut BIMBEL2 yang mahal seperti G.O, yang murah pun ada jadi kita tidak usah memaksakan ikut BIMBEL yang mahal2 karena ekonomi keluarga tidak mencukupi.

Jadi tergantung dari kita aja niat belajar di sekolah atau di BIMBEL, seperti teman bimbel saya dia di ortunya pamit mau berangkat bimbel trnyata memanfaatkan waktu bimbel tersebut buat bermain.

Dengan adanya hal itu kalian tidak perlu meniru karena kita harus sadar ortu daftarin kita dan buang2 uang agar kita mencapai cita2 yang di inginkan.

Kita lebih baik memanfaatkan hal yang positif daripada buang2 duit dan tidak menghasilkan apa2.

yuni anggraeni / IX C / 33 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Lucy Gusti Dwi Fanny/9e/10 mengatakan...

Menurut saya,dengan adanya bimbel ini, siswa akan lebih bisa belajar denagn baik.Selain itu dengan adnya bimbel siswa akan menadapat pelajarn tambahan selain dari sekolah.

Apabila ada PR dari sekolah, kita juga bisa menanyakan atau minta penjelasan dari PR yang tidak kita mengerti.

Bimbel juga bisa membuat pengetahuan kita leih luas. Dan fasilistas yang di berikan oleh bimbel juga lebih nyaman, dengan itu siswa akan lebih giat belajarnya.

Meskipun biaya yang di keluarkan cukup banyak,tapi bimbel sangatlah bermanfaat bagi siswa, terutama siswa kelas 9.Karna siswa kelas 9 akan menghadapi yang namanya UNAS.

Dari itulah kita harus bersyukur dengan adanya bimbel yang telah mengerti akan kondisi siswa yang tidak begitu mudah dalam mengerjakan tugas.

Demikian pendapat saya tentang BIMBEL.

siti lailatul anggraini / IX C / 30 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Yunita Eka Pratiwi Kelas IXB No.Absen:31 mengatakan...

Menurut saya, penduduk diIndonesia saat ini tdak usah memikirkan yang namanya gengsi.Meskipun dia tidak bisa memliki apa yang tetangga atau temannya milki.

Karena kebanyakan jika kita mengikuti tren yang ada saat ini kita bia menghabiskan banyak uang kita. Karena menurut saya tren yang ada saat ini biayanya cukup mahal dan bisa menghabiskan isi kantong kita.

Apalagi tren yang muncul saat ini adalah mengikuti BIMBEL. Padahal BIMBEL itu biayaya cukup mahal.Menurt saya BIMBEL itu hanya cocok untuk siswa yang orang tuanya mempunyai banyak uang.

Sedangkan siswa yang orang tuanya tidak mempunyai banyak uang pasti dia tidak bisa mengikuti BIMBEL. Apalagi saat ini negara kita sedang mengalami krisis di bidang ekonomi dan uang sangat susah untuk didapatkan.

Oleh karena itu saya sarankan kepada penduduk Indonesia yang anaknya sudah bisa menguasai materi yang diberikan di sekolahnya agar dia tidak perlu memasukkan anaknya ke dalam BIMBEL.

Karena saya yakin BIMBEL itu bisa menguras isi kantong kita. Tetapi jika para orang tua ingin memasukkan anak-anak mereka ke dalam BIMBEL itu juga keputusan yang tidak salah. Karena BIMBEL bisa membantu siswa agar lebih bisa menguasai materi yang ada di sekolah.

Tetapi jika para orang tua siswa memasukkan anak-anak mereka kedalam BIMBEL hanya untuk menunjukkan kepada tetangga-tetangganya kalau dia bisa memasukkan anaknya ke dalam BIMBEl atau sekedar hanya untuk pamer.

Alangkah baiknya hal itu tidak usah dilakukan, karena apa yang ia lakukan itu hanya sia-sia dan dia tidak bsa mengambil hasil dari usahanya untuk memasukkan anaknya ke dalam BIMBEL.

Saran saya kepada seluruh penduduk diIndonesia agar dia bisa menggunakan uangnya untuk hal yang penting, apalagi saat krisis sekarang.

Fajwatul Khoiriyah 9B (07) mengatakan...

Menurut saya,penduduk di bangsa ini tidak usah mengikuti yang namanya gengsi.Karena jika sesuatu yang diinginkan bukan berasal dari diri kita sendiri mungkin hasilnya tidak akan memuaskan.Hanya saja kita bisa senang sesaat karena bisa memiliki yang orang lain miliki.

Tetapi jika memang kita membutuhkan barang tersebut untuk mendukung pekerjaan kita supaya menjadi lebih mudah mengapa kita tidak membelinya, itupun juga kalau ekonomi kita mampu dan sudah lebih dari cukup.

Saya juga sangat senang,jika ada orang tua sangat memperhatikan pendidikan putra-putrinya.Seperti ingin mengikutkan putra-putrinya BIMBEL,tetapi yang mengganjal dalam pikiran saya,jika ada orang tua mengikutkan putra-putrinya BIMBEL hanya karena gengsi.Itu sangat tidak baik.

Seorang anak bisa sukses karena dukungan yang sesungguhnya dari orang tua,bukan karena orang tua yang mendukung semata-mata karena gengsi.

Mungkin memang banyak anak yang membutuhkan BIMBEL,karena mungkin ada yang mereka belum pahami materi yang di sekolah.BIMBEL juga dapat menjadi tolak ukur kemampuan siswa di luar sekolah, karena di BIMBEL siswa dapat bertemu teman dari sekolah lain yang mungkin kemampuannya lebih darinya sehingga dia terpacu untuk lebih semangat belajar lagi.

Seperti halnya sekolah yang berkulitas RSBI dan SSN, bukan berarti mereka tidak memerlukan BIMBEL.Karena metode pembelajran di setiap BIMBEL berbeda dengan di sekolah.Dan itu menjadikan siswa lebih memahami materi yang di sampaikan oleh guru di sekolah .

zihan zahirah kelas 9c / 34 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Diny Ambar Lestari/ IX C/ 12 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
arthamega kelas 9bhe/04 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ferdy Irwandika Putra No.absen:9 Kelas:9 B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Helmy Mufidah kelas 9B/12 mengatakan...

Bimbel merupakan bimbingan belajar khusus siswa.
agar siswa lebih mengasah kemampuan belajarnya
dengan bimbel semua keluhan yg ada disekolah seperti pekerjaan sekolah tugas" akan terselesaikan.

Tetapi bimbel itu kurang efektif karena murid bimbel jumlahnya banyak sehingga konsentrasi belajar hilang. ada yg maen hp, ada yg berbicara sendiri dengan temannya. dari pada ikut bimbel mending ikut kursus dirumah sendiri biayanya tdk terlalu mahal.

Terkadang siswa mengikuti bimbel karena hanya ingin ikut"an temannya yg mengikuti bimbel. Atau paksaan dari orang tua. Jadi siswa tidak ada niatan unutk mau belajar melainkan hanya ikut"an saja atau dipaksa orang tua.

Biasanya orang tua lebih memilih bimbel karena lebih unggul fasilitasnya dari pada disekolah.
Dilengkapi AC dan jaringan wifi yg bisa digunakan kapan saja. dan anak" bisa facebookkan sepuasnya.

Bagi siswa yg sudah mengikuti bimbel. jngan sia"kan kesempatan yg telah diberikan orang tua pada kita dan jangan kecewakan orang tua. Karena bimbel tidaklah murah biayanya

Ferdy Irwandika Putra No.absen:9 Kelaz:9B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
abil firda ismail. a.s kelas 9 c (01) mengatakan...

Menurut saya, BIMBEL itu sangat membantu siswa akan lebih bisa belajar dengan baik.Selain itu dengan adanya bimbel siswa akan mendapat pelajarn tambahan selain dari sekolah. BIMBEL juga sangat membantu bagi siswa yang sulit untuk belajar

Di BIMBEL juga sangat efektif karena fasilitasnya yang sangat lengkap, Keadaan di BIMBEL juga tidak terlalu serius seperti di sekolah. Siswa pun akan merasa nyaman untuk bertanya pelajaran yang sulit.

manfaat bimbel sangat berarti bagi semua siswa. dan sangat membantunya. agar nilainya bagus dan memuaskan .kita juga dapat tambahan ilmu dan membantu pelajaran disekolah sehingga pelajaran menjadi lebih mudah .

orang tua mengikutkan anaknya pada BIMBEL tentunya bukan karena gensi tetapi orang tua ingin masa depan anaknya dapat lebih berkualitas.

Jadi mengikuti BIMBEL itu ada untungnya juga ada ruginya. Kita harus niat dan serius agar mendapatkan tambahan pelajaran dan agar uang orang tua tidak terbuang sia-sia.
Terima kasih…..

himayatun nufus kelas lX B /13 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Nicho Ramdani Agung/9C/25 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Aulia Rachmaniyah/9C/07 mengatakan...

menurut saya oarang tua yang mengajak anaknya mengikuti BIMBEL berarti ingin anaknya mendapatkan ilmu yang lebih, dan menginginkan anaknya bertambah pintar.

terkadang murid-murid menginginkan mengikuti BIMBEL karena diajak oleh teman-temannya, dan tertarik untuk mengikuti BIMBEL.

Ada pula orang tua memaksa anaknya untuk mengikuti BIMBEL, padahal anak tersebut tidak mau. Orang tua tersebut harus merayu anaknya bahwa mengikuti BIMBEL itu menyenangkan.

BIMBEL juga bermanfaat untuk murid-murid, yaitu jika murid-murid tidak paham apa yang telah diterangkan oleh guru di sekolah, bisa bertambah paham oleh guru yang ada di BIMBEL tersebut.

tetapi ada pula kekurangan yang didapat, yaitu apabila seorang murid tidak mendengarkan penjelasan dari guru sekolah atau guru dari BIMBEL. Maka murid tersebut tidak semakin pintar dan orang tua murid tersebut mengalami kerugian yang amat dalam karena sudah mengeluarkan uang BIMBEL untuk anaknya.

begitu komentar saya.
terima kasih.
Aulia R.

Rizaldi Adistya Pamungkas Kelas 9b Nomer 27 mengatakan...

menurut pendapat saya dengan adanya bimbel kita dapat lebih bisa mengatur waktu belajar,apalagi pelajar" kayak kita ini yang udah kelas 3 smp, pasti penting banget peranan bimbel semacam ini.

tapi orang tua yang kurang mampu akan berfikir 2 kali untuk mengikut sertakan anaknya untuk ikut bimbel.

tapi ngak usah minder sama tetangga bagi orang tua yang kurang mampu mengikut sertakan anaknya untuk ikut bimbel.

karena meskipun ngak bisa ikut bimbel tambahan yang penting kita sebagai siswa yang ng' ikut bimbel tetep aja harus rajin belajar agar menjadi pandai dan lulus UN dengan hasil yg memuaskan.

jadi sekali ng' usah minder karena semuanya sebenarnya tergantung dari siswa itu sendiri, kalau siswa itu dasarnya emang pandai meskipun ngk ikut bimbel ya tetep aja pandai

jadi bimbel itu sebenarnya hanya menambah wawasan siswa dan mengubah cara belajar siswa agar lebih pintar membagi waktu belajar.

ya saya doakan saja semoga seluruh siswa smpn 6 jember lulus UN dengan hasil yang memuaskan dan bisa masuk sma negri.

terimakasih...

Bima Dwi Yulianto/9c/9 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ferdy Irwandika.P. No.absen :9 Klz :9B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
ainur rosa/ IX che/3 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Alfintina Dwi A. / 9C / 06 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Alfintina Dwi A./9C/06 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Alfintina Dwi A. / 9C / 06 mengatakan...

Menurut saya dengan adanya BIMBEL sangatlah membantu siswa dalam mengatasi matpel yang dianggap sulit.

Oleh sebab itu sekarang banyak promisi/tawaran yang diberikan oleh bimbel,dengan memberikan jaminan lulus 100% jika tidak lulus semua biaya akan dikembalikan.

Selain itu di bimbel terdapat tentor yg siap membantu kita dalam proses belajar, tetapi untuk masuk bimbel tidaklah murah ortu kita harus merogoh korceg yg sangat dalam.

Meskipun kita tidak masuk bimbel kita bisa belajar dirumah,selain itu kita juga bisa belajar bersama teman-teman untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

Mulai sekarang kita buka buku lagi supaya kita tidak lupa dengan mata pelajaran yang sudah lama kita pelajari untuk bekal UN nanti agar kita siap menghadapi UN,UNAS,dsb,agar kita lulus dengan hasil yang memuaskan dan bisa masuk ke SMA favorit....

mufida yolansari/9c/23 mengatakan...

menurut pendapat saya,BIMBEL sekarang sangat berperan penting bagi anak-anak yang ingin belajar lebih giat.

mereka mengikuti BIMBEL karena pengen mencari wawasan yang luas dan membantu anak-anak agar belajar lebih mandiri.

apa lagi bagi kita-kita yang udah kelas 9 ini, banyak sekali aktivitas yang harus di laksanakan.

tapi bagi orang tua yang belum mampu, harus berfikir 2 kali untuk memasukkan anaknya ke BIMBEL karena keadaan ekonomi yang kurang baik.

jadi bagi mereka yang tidak mengikuti BIMBEL jangan berkecil hati, to jika kita berusaha pasti bisa mengerjakan selagi kita mampu dan mengerjakan itu semua dengan iklas dan lapang dada.

pasti hasilnya akan sempurna dan memuaskan.
ingat kata pepatah, "manusia di dunia ini tidak ada yang bodoh, hanya saja manusia itu yang malas untuk mengerjakannya".

terimakasih...

Diny Ambar/ IX C/ 12 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ferdy Irwandika.P. No.absen :9 Klz :9B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ferdy Irwandika.P. No.absen :9 Kls:9B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
bagoes kurniawan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
ferdy irwandika.P. No.absen:9 klz:9B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Diny Ambar Lestari/ IX C/ 12 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
ferdy irawandika.p./ IX B/ 9 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
muhammad rizqi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
fahrur rozy 9b no:15 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
fahrur rozy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
fardi muhammad ridho mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Riska Amalia kelas IXB (25) mengatakan...

menurut saya , karna saya sejak dari SD tidak pernah mengikuti BIMBEL atau sebagainya.bukannya saya sombong, dikarenakan saya mempunyai keyakinan dan tekad , bahwa saya mempunyai kecerdasan yg setara dengan mereka yg pernah mengikuti dan menjalani BIMBEL.

saya juga tidak begitu suka mengikuti kegiatan seperti itu, yg setiap 2 jam harus mendengarkan sang tentor menjelaskan pelajaran.

seperti saat ini, tanpa mengikuti BIMBEL , saya mampu masuk di sekolah yang saat itu berstatus SSN (Sekolah Standar Nasional) walaupun hanya mengikuti pelajaran sekolah serta Les wajib pada saat itu.

sebenarnya, BIMBEL saat ini yg sedang ada dan menjamur , hanyalah sebagai trend, bagi mereka yg tidak serius menjalani serta hanya ikut-ikutan dan terpengaruh untuk mengikuti BIMBEL.

kita semua bisa dan mampu untuk masuk ke sekolah yg status dan fasilitasnya setara dengan SSN atau SBI. kuncinya hanya yakin pada kemampuan kita sendiri, serta tekad dan kemauan yg butuh di asah lagi .

BIMBEL kan hanya sekedar selingan untuk mengsah lagi kecerdasan otak . dan memang, orang jaman orang tua kita sajah, tidak ada BIMBEL bisa menjadi pejabat.

sekian komentar dari saya, bila ada salah kata, mohon maaf.
makasi.

Ferdy irwandika Putra/ IX B/ 9 mengatakan...

ASSALAM'MUALAIKUM WR.WB

Menurut saya dgn ada nya BIMBEL selain di sekolah itu sangat menguntung kan kita.Agar kita dapat mengetahui atau mengulang kembali pelajaran" yg kita belum ketahui.itu akan membuat kita menjadi orang pintar/menjadi orang sukses.

tapi ada juga siswa yg Mengikuti BIMBEL bertujuan untuk ikut" teman,dan ada juga untuk mencari jodoh.itu semua salah karna BIMBEL di buat untuk belajar.bukan untuk main",dan cari jodoh DLL.

dengan adanya BIMBEL selain di sekolah itu akan membuat kita mengetahui banyak halyg belum kita ketahui di sekolah.banyak sekali BIMBEL yg berada di saat ini.misal : BIMBEL,PRIMAGAMA,TEXAZ,G.O,DLL.

bila siswa" ingin tambah pintar.kalian bisa mengikuti BIMBEL di luar sekolah yaitu BIMBEL PRIMAGAMA.insya allah nilai danem kalian bagus".

dan jangan lupa kita haruz berterima kasih kepada orang tua.yg telah membanting tulang hanya untuk mensekolah kan kita.kita jangan mensia_-sia kan kesempatan ini.

kesimpulan nya dengan ada nya BIMBEL Selain di sekolah itu sangat menguntung kan bagi kita.kita dapat mengulang Guadalajara" yg telah ibu guru berikan.itu akan membuat kita menjadi orang pintar,.
SEKIAN TERIMA KASIH.

ASSALAM'MUALAIKUM WR.WB

Ervika Malikatu IXbhe (06) mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Akbar Bayu Egasmara Kelas 9c no.absen.04 mengatakan...

Menurut saya dgn ada nya BIMBEL selain di sekolah itu sangat menguntung kan kita.Agar kita dapat mengetahui atau mengulang kembali pelajaran" yg kita belum ketahui.itu akan membuat kita menjadi orang pintar/menjadi orang sukses.


tapi ada juga siswa yg Mengikuti BIMBEL bertujuan untuk ikut" teman,dan ada juga untuk mencari Pacar.itu semua salah karna BIMBEL di buat untuk belajar.bukan untuk main",dan cari jodoh DLL.

dengan adanya BIMBEL selain di sekolah itu akan membuat kita mengetahui banyak halyg belum kita ketahui di sekolah.banyak sekali BIMBEL yg berada di saat ini.misal : BIMBEL,PRIMAGAMA,TEXAZ,G.O,DLL.


sebenarnya, BIMBEL saat ini yg sedang ada dan menjamur , hanyalah sebagai trend, bagi mereka yg tidak serius menjalani serta hanya ikut-ikutan dan terpengaruh untuk mengikuti BIMBEL.

pasti hasilnya akan sempurna dan memuaskan.
ingat kata pepatah, "manusia di dunia ini tidak ada yang bodoh, hanya saja manusia itu yang malas untuk mengerjakannya".

bima dwi yulianto/9c/9 mengatakan...

BIMBEL atau Bimbingan belajar adalah seorang atau lebih yang dibimbing oleh orang yang lebih pintar untuk belajar, Bimbimngan belajar itu menurut saya sangat begitu penting.

Mengapa demikian karena bimbingan belajar itu untuk menjadikan kita lebih baik,cerdas,dan lebih terarah kemana tujuan kita nanti.Semua anak disekolahkan oleh orang tuanya agar menjadi seorang yang baik,baik untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Selain menjadikan kita lebih baik dan cerdas,pada bimbingan belajar juga menambah pertemanan antar anak,misalnya adalah bukan hanya dilingkungan rumah saja kita berteman,dengan disekolah atau disarana bimbingan lain ita mendapat teman baru.

Bimbimgan belajar itu sebaiknya untuk kebaikan,karena jika kita belajar untuk kebaikan,nanti hasil yang dicapai akn baik juga,baik untuk kita sendiri ataupun untuk orang lain.

Namun jika sebaliknya kita ikut bimbingan hanya untuk keburukan,nantinya akan berdampak buruk juga,meskipun keburukan kita tidak diketahuai orang,tapi akhirnya segala perbuatan itu akan diketahui orang juga dan ia akan dibalas sesuai perbuatanya itu.

bagus kurniawan/9c/no absen 8 mengatakan...

menurut saya bimbel sangat bermanfaat siswa,karena bimbel merupakan pembelajaran penambah di sekolah.
saya juga ikut bimbel di dekat rumah saya.bimbel merupakan sarana untuk menambah ilmu bagi siswa.tapi yang g ikut bimbel masih bisa kok belajar dengan rajin.
jadi g usah iri karena semua tergantung kemauan siswa itu sendiri,kalau siswa itu niat belajar pasti anak itu akan pintar.
bimbel itu hanya menambah ilmu wawasan siswa dan cara agar cepat lebih pintar.
saya doakan murid smp 6 meskipun tidak bisa mengikuti bimbel dapat lulus UN dengan nilai myg memuaskan.

Aminnnn!

nicho ramadhani/9che/25 mengatakan...

Menurut saya, BIMBEL itu sangat membantu siswa akan lebih bisa belajar dengan baik.Selain itu dengan adanya bimbel siswa akan mendapat pelajarn tambahan selain dari sekolah. BIMBEL juga sangat membantu bagi siswa yang sulit untuk belajar

Menurut saya juga , bimbingan belajar merupakan suatu bantuan yang dapat diberikan oleh seseorang yang telah terdidik pada orang lain yang mana usianya tidak ditentukan untuk dapat menjalani kegiatan dalam hidupnya.

Selain menjadikan kita lebih baik dan cerdas,pada bimbingan belajar juga menambah pertemanan antar anak,misalnya adalah bukan hanya dilingkungan rumah saja kita berteman,dengan disekolah atau disarana bimbingan lain ita mendapat teman baru.

Selain menjadikan kita lebih baik dan cerdas,pada bimbingan belajar juga menambah pertemanan antar anak,misalnya adalah bukan hanya dilingkungan rumah saja kita berteman,dengan disekolah atau disarana bimbingan lain ita mendapat teman baru.
Selain menjadikan kita lebih baik dan cerdas,pada bimbingan belajar juga menambah pertemanan antar anak,misalnya adalah bukan hanya dilingkungan rumah saja kita berteman,dengan disekolah atau disarana bimbingan lain ita mendapat teman baru.

wahyu erwin syah putra 9c no 32 mengatakan...

Menurut saya dengan adanya BIMBEL sangatlah membantu siswa dalam mengatasi matpel yang dianggap sulit seperti matematika ataupun bahasa inggris.
tapi ada juga siswa yang Mengikuti BIMBEL bertujuan untuk ikut" teman,dan ada juga untuk mencari jodoh.itu semua salah karna BIMBEL di buat untuk belajar.bukan untuk main",dan cari jodoh.
bila siswa" ingin tambah pintar.kalian bisa mengikuti BIMBEL di luar sekolah. insya allah nilai kalian akan bertambah baik.

rayvaldy A.S/no: 28/ 9c mengatakan...

menurut pendapat saya ,dengan adanya bimbel semacam ini ,kita bisa lbih efektif mengatur jam belajar ,dan lebih bisa konsentrasi dalam mengikuti pelajarn tersebut .

bimbel itu juga mudah dalam pembelajarannya ,cara dan cara penyamoaiannya itu mudah ,bisa di serap oleh otak kita .

memang sihh ..
berbeda dengan cara belajar kita kalau di sekolah ,rumah ,atau tempat selain bimbel ,
masih menghafal ,dan sebagainya ...

tapi kalau di bimbel kayak gini kan lebih mudah ,
caranya lebih efektif dan gak ngebosenin ..
pasti bisa cepat nyerap pelajarannya ..

Alfin kelas 9C 20 mengatakan...

BIMBEL atau Bimbingan belajar adalah seorang atau lebih yang dibimbing oleh orang yang lebih pintar untuk belajar, Bimbimngan belajar itu menurut saya sangat begitu berarti.

selain bikin pintar juga dapat teman banyak,bukan hanya dilingkungan rumah saja kita berteman,dengan disekolah atau disarana bimbingan lain kita mendapat teman baru.

sebenarnya, BIMBEL saat ini yg sedang ada dan menjamur , hanyalah sebagai trend, bagi mereka yg tidak serius menjalani serta hanya ikut-ikutan dan terpengaruh untuk mengikuti BIMBEL.

dan jangan lupa kita haruz berterima kasih kepada orang tua.yg telah membanting tulang hanya untuk mensekolah kan kita.kita jangan mensia_-sia kan kesempatan ini.

kesimpulan nya dengan ada nya BIMBEL Selain di sekolah itu sangat menguntung kan bagi kita.kita dapat mengulang Guadalajara" yg telah ibu guru berikan.itu akan membuat kita menjadi orang pintar,.
SEKIAN TERIMA KASIH.

assalamualaikum WR.WB

Rohman Rizki Wahyu Oetomo/IXc/NO absen 29 mengatakan...

Pendapat saya bimbel cukup efektif. Karena kita bisa mudah mendapatkan ilmu tambahan, selain dari sekolah.

Karena bimbel guru cara mengajarnya cukup sederhana. Dan tidak terlalu serius dalam belajar mengajar. Apa lagi di tambah fasilitas lain yaitu seperti Ac, internet, Snack,dan lain-lain.

Itu pun dilihat dari membayarnya. Kalau bimbel ada yang mahal dan ada yang agak sedikit murah. Tapi masalah kini dihadapi orang tua adalah membayar buat mengikuti bimbel. Karena masih ada orang tua yang kurang mampu untuk membayar bimbel buat anaknya.


Sehingga orang tua banyak bilang tidak usah di bimbel tidak apa-apa yang penting giat belajar. Tetapi kalangan yang mampu banyak mengikuti bimbel karena ada yang ikut2an temanya dan ada juga yang karena dirinya sendiri.

Bimbel itu juga ada manfaatnya, karena kita mendapat teman baru dan pengalaman baru. Tetapi kasihan yang orang tidak mampu cuma didalam mimpi saja untuk mengikuti bimbel. Oleh karena itu bimbel bayarnya jangan terlalu mahal.

Agar kita semua mendapat nikmatnya bersama-sama. Bedanya sekolah dengan bimbel itu pada cara guru mengajar. Kalau guru bimbel lebih santai dalam mengajar dan dengan mudah dapat di terima. Dan kalau guru itu terlalu serius karena guru di sekolah juga mengejar kurikulum yang pada saat ini.

Jadi mengikuti bimbel itu ada untungnya juga ada ruginya.Kesimpulannya jika ingin mengikuti bimbel ia kita harus sungguh2 untuk mendapatkan ilmu tambahan dari bimbel tersebut. Agar uang orang tua kita tidak hilang sia-sia karena kita tidak serius mengikuti bimbel tersebut.

Sekian saya ucapkan "TERIMA KASIH"

alan subhan/05/IX Che mengatakan...

ya,bimbel skarang memang laris manis, saya mengikuti bimbel di jember,yaitu GANESHA OPERATION yg banyak di ikuti oleh para siswa di jember.

Disini banyak diikuti oleh beberapa siswa smp
di JEMBER.karena disini begitu nyaman dan enak.
di G.O fasilitas lengkap.

Bimbel dirumah maupun diluar banyak yg ikut.
tapi,mnurut saya bimbel yg nyaman ialah bimbel di rumah,karena lebih nyambung dan cepat bisa.

Bimbel di G.o sangat menguntungkan bagi saya
karena fasilitas lengkap dan kita bisa datang kpan saja untuk belajar di sana.

Namun bila kita tidak punya niatan
kita tidak akan bisa menyerap pelajaran yg diberikanh oleh mentor yg mengajar.

diah ayu sukma arumi/9c/11 mengatakan...

menurut saya bimbel itu lebih praktis dan seru karena dapat membantu siswa dalam kesulitan matpel tersebut.

dan tidak membosankan dengan didampingi seorang tentor yang berpengalaman.selain itu kita mendapat banyak teman baru.


tetapi sebanarnya gk ikut bimbel juga gpp,kita bisa belajar di rumah kalau orang tua kita gk punya banyak uang untuk mendaftarkan kita masuk ke bimbel.

belajar di sekolah harus semaksimal mungkin supaya kita mendapatkan nilai yang memuaskan saat un nanti.

bimbel juga gk menjamin kita buat lulus seandainya kita gk berusaha untuk belajar kita bisa aja gk lulus itu semua tergantung kalian.

demikian komenar dari saya bila ada kesalahan mohon dimaafkan.......
wasalam........

Fitria Adilah/9C/15 mengatakan...

menurut saya, dengan adanya BIMBEL seperti ini, saya sebagai siswa kelas 9 mungkin membutuhkan cara belajar yang efektif dan efisien.

apalagi kelas 9 ini saya mau menghadapi ujian-ujian, saya harus membutuhkan banyak waktu untuk lebih rajin belajar.

tidak hanya di sekolah saja, mungkin saya bisa mengikuti bimbel di luar jam sekolah. dan dengan di dukung oleh orang tua .

banyak bimbel yang berminat tapi ada pula yang tidak berminat, dan memilih mengikuti les di rumah.

terkadang ada juga orang tua yang tidak setuju dengan adanya bimbel seperti ini, karena faktor ekonomi.

sekian dan terima kasih.

ainur rosa/ IX che/ 03 mengatakan...

pendapat saya pribadi. Bimbel dapat membantu para siswa siswi yang kesulitan dalam hal belajar. Karena di era jaman ini banyak sekali tawaran bimbel.

banyaknya tawaran bimbel ini. dikarenakan sulitnya para remaja dapat memasukan pelajaran ke otak. oleh karena itu bimbel sangat berguna.

adapun bimbel yang menyediakan fasilitas yang sanagt menjamin. dari fasilitas tempat, keadaan, dan fasilitas umum.

dan ada juga fasilitas yang kurang memadai. tetapi harganya juga lumayan murah. namun kebanyakan bimbel jaman sekarang fasilitasnya sangat memadai.

dan harganya pun juga sangat menyesakkan hati bagi para orang tua mereka yang kurang mampu. tapi dengan adanya cicilan lumayan lah bisa ngurangi tanggungan.

dan manfaatnya juga baik, bisa membantu para remaja untuk menghadapi ujian sekolah. agar para orang tua mereka tak bingung lagi mencari guru les.

fadiah imalia / 9C / 14 mengatakan...

menurut pendapat saya . dengan adanya BIMBEL ini . kita bisa lebih cepat untuk memudahkan belajar . menurut saya kalo BIMBEL di sekolah rasanya gak nyambung karena trlalu ramai . sebaiknya BIMBEL di rumah . itu menurut pendapat saya .

orang tua itu ingn kita pintar dan rajin belajar yaitu dengan cara me'BIMBEL.kan kita .

jika orang kita tak mampu untuk mmem'BIMBELkan kita . ya jangan berkecil hati . kita kan bisa belajar di rumah .

saya doakan lah. murid SMP 6 semoga LULUS dengan nilai memuaskan biarpun tidak mengikuti BIMBEL .
amiin ...

virginia sindya rahmadani/31/9C mengatakan...

menurut saya BIMBEL juga perlu untuk dikhalangan Siswa . karena BIMBEL bisa memacu belajar siswa, dan nilai UN sekarang sangat meningkat . sehingga kita juga membutuhkan tambah belajar diluar sekolah.

memang harga BIMBEL relatif mahal, tetapi disamping itu fasilitas BIMBEL sangat menjamin AC,TV,internet dan tentor yang tidak membuat peserta didik merasa jenuh .

BIMBEL bukan untuk tren, munkin emang BIMBEL sekarang lagi menjamur dikhalangan siswa. dan orang tua pun ikut mendukung putra/putrinya yang mempunyai niatan mengikuti BIMBEL atau kemauan belajar.

BIMBEL emang berbeda dengan cara belajar lain , tapi InsyaAllah BIMBEL juga bisa sangat membantu pembelajaran.

Jadi mengikuti bimbel itu ada untungnya juga ada ruginya.


terimakasih

yuni anggraeni / IX C /33 mengatakan...

menurut saya bimbel memang sangat efektif sekali bagi siswa yang malas belajar atau siswa yang kurang memahami pelajaran yang di berikan oleh bapak/ibu guru di sekolah.

Karena bimbel cara mengajarnya cukup sederhana dan santai. Dan tidak terlalu serius dalam belajar. Apa lagi di tambah dengan fasilitas-fasilitas yang canggih dan moderen.

Tapi masalah yang dihadapi oleh orang tua adalah membayar untuk mengikuti bimbel. Karena faktor keterbatasan ekonomi atau yang lainnya.


Sehingga orang tua banyak bilang tidak usah ikut bimbel tidak apa-apa yang penting kita giat belajar. Tetapi bagi mereka yang mampu unyuk membayar mengikuti bimbel itu soal gampang.

Bimbel itu juga ada manfaatnya, karena kita mendapat teman baru dan pengalaman baru. Tetapi kasihan juga bagi orang tua yang sudah membayar mahal-mahal.

jadi bagi yang mengikuti bimbel harus sungguh-sungguh agar orang tua yang sudah membayarnya mahal-mahal tidak terbuang sia-sia.

siti lailatul anggraini mengatakan...

emang bangsa dan negara kita sangat maju dan moderen dan sangat berkembang. sehingga banyak alat teknologi.

Menurut saya bimbel memanglah sangatlah mendukung
karena selain kita belajar disekolah kita bisa menambah pengetahuan di bimbel.

Ada pula orang tua memaksa anaknya untuk mengikuti BIMBEL, padahal anak tersebut tidak mau. Orang tua tersebut harus merayu anaknya bahwa mengikuti BIMBEL itu menyenangkan.

Saya juga sangat senang,jika ada orang tua sangat memperhatikan pendidikan putra-putrinya.Seperti ingin mengikutkan putra-putrinya BIMBEL,tetapi yang mengganjal dalam pikiran saya,jika ada orang tua mengikutkan putra-putrinya BIMBEL hanya karena gengsi.Itu sangat tidak baik.

jadi bimbel itu sebenarnya hanya menambah wawasan siswa dan mengubah cara belajar siswa agar lebih pintar membagi waktu belajar.

bagus kurniawan/9c/no8 mengatakan...

menurut saya bimbel sangat baik,karena mendapat ilmu tambahan selain dari sekolah.saya juga ikut bimbel tapi tidak terlalu serius mengajarnya.

tapi yang di hadapi orang tua adalh biaya bimbal yang lumayan mahal.karena masih ada orang tua yang kurang mampu untuk mengikutkan anaknya mengikuti bimbel.

buat yang tidak bisa mengikuti bimbeljangan iri meskipun temanmu banyak yang mengikuti.

kepintaran bukab karena bimbel melaikan karena niatnya sendiri.meskipun anak itu tidak mengikuti bimbel tapi giat belajar pasti anak itu bisa pintar.

bimbel juga ada manfaatnya,yaitumendapat pengalaman baru dan teman baru.

Posting Komentar

Celoteh Twitterku

Sahabat-sahabat yang luar biasa

komentar